Pengamanan Pilgub di Dumai Libatkan 1.513 Petugas

id pengamanan pilgub, di dumai, libatkan 1513 petugas

Pengamanan Pilgub di Dumai Libatkan 1.513 Petugas

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kapolres Dumai AKBP Restika PN menyebut, sebanyak 1.513 petugas gabungan dilibatkan dalam pengamanan pemilihan Gubernur Riau 2018.

Polres setempat telah melaksanakan upacara gelar pasukan, Senin, untuk melihat kesiapan petugas gabungan TNI, Polri dan Linmas serta kendaraan penunjang dalam Operasi Mantap Praja Muara Takus 2018.

Upacara dihadiri Wali Kota Zulkifli As, Ketua DPRD Gusri Effendi, Kepala Kejaksaan Negeri Mat P Yusuf dan Ketua Panwas Supratman.

"Petugas gabungan akan menjaga rangkaian tahapan dan mengawal penyaluran logistik ke tempat pemunguan suara," kata Kapolres Restika usai upacara di Lapangan Bukit Gelanggang Dumai.

Disebutkan, personel gabungan terdiri 378 polisi, 105 prajurit TNI dan 1.030 petugas Linmas, siap mengawal dan upaya pengamanan berlangsung secara terpadu.

Personel gabungan akan dilibatkan dalam pengamanan dan pengawalan tahapan Pilgub Riau 2018 di Dumai dan distribusi kebutuhan logistik dari KPU ke kecamatan, kelurahan hingga TPS.

"Situasi keamanan selama masa kampanye hingga distribusi logistik ke kecamatan masih kondusif, dan tempat pemungutan suara juga akan dikawal beberapa polisi untuk mendukung kelancaran," sebutnya.

Kapolres meminta personel gabungan agar menyiapkan mental dan fisik dilandasi komitmen moral dan disiplin tinggi, serta tingkatkan pengawasan dan penegakan hukum.

Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As mengatakan, pemerintah sudah menetapkan hari libur nasional pada 27 Juni 2018 untuk memberikan kesempatan pegawai, karyawan swasta dan masyarakat umum mencoblos di TPS.

Dia menilai kesiapan pelaksanaan Pilgub Riau sudah berjalan baik, dan unsur penyelenggara siap menggelar pemungutan suara menyusul sudah dimulainya distribusi logistik dari KPU ke kecamatan.

"Masyarakat kita imbau datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan, diharap tidak ada kendala dan tingkat partisipasi pemilih tinggi," kata wali kota.

Pemilihan Gubernur Riau diikuti empat pasangan calon, Syamsuar-Edi Natar nomor urut 1, Lukman Edy-Hardiyanto 2, Firdaus-Rusli Ahmad 3 dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno nomor 4.