Dispar Minta Hotel dan Restoran Riau Kembangkan Konsep Digital, Seperti Punya Spot Instagramable

id dispar, minta hotel, dan restoran, riau kembangkan, konsep digital, seperti punya, spot instagramable

 Dispar Minta Hotel dan Restoran Riau Kembangkan Konsep Digital, Seperti Punya Spot Instagramable

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata harapkan adanya pengembangan pola serta konsep destinasi wisata digital kepada Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

"Wisata digital ini sudah menjadi isu nasional," ucap Kepada Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman di Pekanbabaru, Kamis.

Fahmizal menjelaskan bahwa konsep destinasi wisata digital yang dimaksud ialah sebuah objek wisata yang memang memperhatikan estetika media sosial. Salah satu contohnya ialah instagram yang sampai saat ini mulai beralih menjadi media promosi.

Ia menambahkan bahwa salah satu bentuk destinasi wisata digital tersebut ialah dengan adanya spot-spot unik yang dikembangkan sebuah hotel sebagai lokasi untuk berfoto. Hal ini dikatakannya kemudian sebagai dampak dari perkembangan dunia digital yang saat ini terus mengalami perkembangan pesat. Dengan kata lain, penyediaan spot foto tersebut diharapkan menjadi alasan lain dari kunjungan wisatawan ke Provinsi Riau.

"Sekarang gini, kalau tempatnya instagramable, orang yang datang posting soal kunjungan mereka. Secara tidak langsung itu juga ikut mempromosikan hotel itu sekaligus pariwisata kita," imbuhnya.

Fahmizal mengatakan bahwa konsep pengembangan destinasi wisata digital tersebut diharapkan menjadi opsi lain dari para pemilik maupun pengelola hotel yang ada di Provinsi Riau untuk dapat bersaing dengan wilayah lain di Indonesia. Hal ini dikatakannya kemudian juga bertujuan untuk mendongkrak kunjungan suatu hotel dengan menyediakan layanan destinasi digital.

Dalam penerapannya, suatu objek wisata tersebut tidaklah harus berupa kamar hotel yang mewah. Namun lebih kepada bagaimana menonjolkan unsur tradisional dan kearifan lokal dari suatu daerah. Ia mencontohkan jika ada anggota PHRI berniat membuat penginapan, maka tonjolkanlah nuansa asli dari kawasan tersebut.

"Kalau dibikin mewah sih boleh-boleh saja. Tapi mungkin itu untuk jangka panjang," ucapnya.***1***

OLeh Retmon Bensal Putra